Kamis, 25 Juni 2009

Rangkuman algoritma dan struktur data 2

Diposting oleh ^iBoY^ di 02.36
 DEFINISI ALGORITMA DAN STRUKTUR DATA

ALGORITMA
Algoritma adalah urutan langkah logis untuk memecahkan masalah.
Syarat algoritma yang baik adalah:

1.Langkah-langkah dalam menyelesaikan masalah haruslah logis.
2.Algoritma harus unik dan merupakan pengolahan dari hasil eksekusi langkah sebelumnya.
3. Algoritma harus terbatas dan berhenti pada titik setelah semua eksekusi dilaksanakan,dst.
(kutip dari algoritma komputer,New Al Wajiz)

STRUKTUR DATA
Struktur Data adalah cara penyimpanan dan pengorganisasian data-data pada memori komputer maupun file secara efektif sehingga dapat digunakan secara efisien, termasuk operasi-operasi di dalamnya.
• Di dalam struktur data kita berhubungan dengan 2 aktivitas:
• Mendeskripsikan kumpulan obyek data yang sah sesuai dengan tipe data yang ada
• Menunjukkan mekanisme kerja operasi-operasinya
• Contoh: integer (-32768 s/d 32767) dan jenis operasi yang diperbolehkan adalah +, -, *, /, mod, ceil, floor, <, >, != dsb.
• Struktur data = obyek data + [operasi manipulasi data]

 MATERI YANG TELAH DIBAHAS SELAMA SEMESTER 2, YAITU:

1. Pointer

Pointer merupakan tipe data berukuran 32 bit yang berisi satu nilai yang berpadanan dengan alamat memori tertentu. Pointer dideklarasikan seperti variabel biasa dengan menambahkan tanda * (asterik) yang mengawali nama variabel.
Bentuk umum:
nama Variabel;
Contoh:
float *px

2. Array

Array adalah suatu tipe data terstruktur yang berupa sejumlah data sejenis (bertipe data sama) yang jumlahnya tetap dan diberi suatu nama tertentu.
Array dapat berupa array 1 dimensi, 2 dimensi, bahkan n-dimensi.

DEKLARASI

tipe_data nama_var_array [ukuran];

tipe_data : menyatakan jenis tipe data elemen larik (int, char, float, dll)
nama_var_array : menyatakan nama variabel yang dipakai.
ukuran : menunjukkan jumlah maksimal elemen larik.

Contoh :

int nilai[15];


3. STRUCTURE

Structure (struktur) adalah kumpulan elemen-elemen data yang digabungkan menjadi satu kesatuan. Masing-masing elemen data tersebut dikenal dengan sebutan field. Field data tersebut dapat memiliki tipe data yang sama ataupun berbeda. Walaupun fieldfield tersebut berada dalam satu kesatuan, masing-masing field tersebut tetap dapat diakses secara individual.

Contoh:
struct mahasiswa
{
char nim[11];
char nama[30];
float ipk;
};


4. Linked List

Linked List adalah sekumpulan elemen bertipe sama, yang mempunyai keterurutan tertentu, yang setiap elemennya terdiri dari dua bagian.

Bentuk Umum:

Typedef struct telmtlist
{
Infotype info;
Address next;
}elmtlist;
Infotype : sebuah tipe terdefinisi yang menyimpan informasi sebuah elemen list
Next : address dari elemen berikutnya (suksesor)

5.STACK
STACK atau TUMPUKAN adalah suatu struktur data yang seolah-olah terlihat seperti data yang tersusun secara ‘menumpuk’, dimana ada data yang terletak diatas data yang lainnya.Bersifat LIFO (Last In First Out), berarti data yang masuk terakhir akan keluar pertama.
Operasi pada Stack :
 IsFull : mengecek apakah STACK sudah penuh
 IsEmpty : mengecek apakah STACK sudah kosong
 Push : menambah data pada STACK pada tumpukan paling atas
 Pop : mengambil data pada STACK pada tumpukan paling atas
 Tampil : mencetak semua data dalam tumpukan

6.Queue

Jika diartikan secara harafiah, queue berarti antrian. Dalam sebuah antrian, yang dilayani pertama adalah yang datang lebi dulu, Walaupun berbeda implementasi, struktur data queue setidaknya harus memiliki operasi-operasi sebagai berikut:

• EnQueue : Memasukan data kedalam antrian
• DeQueue : Mengeluarkan data terdepan pada antrian
• Clear : Mmenghapus seluruh antrian
• IsEmpty : Mmemeriksa apakah antrian kosong
• IsFull : Memeriksa apakah antrian penuh

7.TREE
Dalam ilmu komputer, tree adalah sebuah struktur data yang secara bentuk menyerupai sebuah pohon, yang terdiri dari serangkaian node (simpul) yang saling berhubungan. Node-node tersebut dihubungkan oleh sebuah vektor. Setiap node dapat memiliki 0 atau lebih node anak (child). Sebuah node yang memiliki node anak disebut node induk (parent). Sebuah node anak hanya memiliki satu node induk. Sesuai konvensi ilmu komputer, tree bertumbuh ke bawah, tidak seperti pohon di dunia nyata yang tumbuh ke atas. Dengan demikian node anak akan digambarkan berada di bawah node induknya.
Pohon biner adalah sebuah tree yang pada masing-masing simpulnya hanya dapat memiliki maksimum 2 (dua) simpul anak. Tidak boleh lebih. Pada pohon biner, umumnya kedua node anak disebut dengan posisinya, yaitu kiri dan kanan.
Beberapa istilah pada pohon biner:
- Size (ukuran): jumlah total node yang terdapat pada pohon biner tersebut.
- Depth (kedalaman): panjang jalur yang menghubungkan sebuah node sampai ke node anaknya yang paling ujung (leaf).



 KESIMPULAN
Kesimpulan dari semua materi yang diajarkan pada Semester II ini adalah bagaimana kita menangani pengaturan data yang kompleks. Tiap bab merupakan penyempurnaan dari bab sebelumnya.


 KESAN & PESAN BUAT PAK DODY SANJAYA
Kesan :
Pak Dody dalam mengajar selalu mengawali dengan memberi cerita pengantar terlebih dahulu berkaitan dengan materi yang ingin disampaikan, jadi saya pribadi jadi ngerti seperti apa sebenarnya materi yang akan kita pelajari. Kemudian pak Dody juga sering memberi guyonan diselah-selah, jadi kitanya dak ngantuk...apalagi klo dapat algonya siang....hwahuoo pas buanget

Pesan :
Lanjutkan aj pak metode pengajaran seperti ini biar tampil beda dan dak ngebosanin...pesan lainnya klo bisa program yang sulit-sulit kaya’ linked list,dll dibahas lebih dalam karna sebenarnya saya tertarik dengan program-program tuh tapi karna tidak mengerti jadinya pusing...hehe

Semangat trus buat bapak !!!

0 komentar:

Posting Komentar

saran n kritik
monggo....yukz

 

**EaSyMoRe** Copyright © 2010 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by Online Shop Vector by Artshare